Ads

Ads

Translate

Saturday 13 October 2012

Instal ZeosLib di Delphi XE2 (32bits)

By Fajar  |  October 13, 2012 No comments


Dalam artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana saya bisa "Ngakalin" ZeosLib untuk berjalan pada Windows 7 x64 dan Delphi XE2 . yang saya tau component ini dikompilasi pada 32 bit karena ZeosLib belum siap untuk mengkompilasi pada 64 bit murni.
ZeosLib, merupakan component tambahan untuk Delphi  yang berfungsi sebagai penghubung antara Delphi dengan database, seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite, maupun Oracle. Konfigurasi Zeos tidaklah sulit, sehingga sangat membantu user dalam mengembangkan aplikasi desktop berbasis database.

Ok, EKSEKUSI satu persatu :)

  1. Checkout zeoslib from its subversion repository.
  2. Clean source code errors on SVN version 966.
  3. Add folders to delphi library path.
  4. Compile ..\packages\delphi16\ZeosBdo.groupproj.
  5. Install ZComponentDesign160 bpl library.

Jika kalian "master" dalam bidang per"DELPHI" an step step di atas mungkin sudah menjawab bagaimana menginstal ZeoLib pada delphi XE2

dan kalau belum faham juga silahkan lihat tutorial di bawah !
langsung aja bro silahkan disimak :)

Zeoslib repositori SVN di sini dan Anda dapat men-download / memperbarui kode sumber ZeosLib dari itu: 
Versi subversi saat ini adalah 966. Setelah Anda melakukan checkout dari repositori subversi ZeosLib Anda akan mendapatkan struktur folder yang dapat Anda lihat di screenshot ini.

ZeosLib SVN Checkout
Struktur folder

Buka Delphi XE2 dan pilih Open Project:
Open Project
Dari Delphi pergi ke menu dan ZeosBdo.groupproj terbuka.
Open ZeosLib group

Kemudian Delphi mendeteksi proyek ini dibuat dengan versi Delphi lama, sehingga meminta untuk mengkonversi ke format baru kita akan memilih pilihan ''Convert in place (no backup)''. Pilihan ini akan mengubah kode sumber tanpa melakukan backup apapun. Jika kita perlu untuk memulihkan file asli kita dapat melakukan kembali ke file SVN dan akan kembali ke format sebelumnya. 

Convert project

Delphi akan meminta hal yang sama untuk setiap proyek di dalam kelompok proyek ZeosDbo dan kita akan menjawab dengan pilihan yang sama dipilih dalam gambar di atas.

Setelah mengkonversi semua proyek kita akan mengkompilasi kelompok proyek. Untuk mengkompilasi semua proyek dengan tindakan yang sama kita memilih kelompok proyek 'ZeosBdo' dalam Project Manager,klik kanan dan pilih Compile All

Compiling Project

Dalam versi SVN dari ZeosLib Saya telah menemukan bug dalam kode yang memberi kita kesalahan ketika kita melakukan compile. Saya pikir itu adalah salinan sederhana / error pasta atau sesuatu penulis telah lupa untuk menghapus pada saat tertentu. Di sini Anda memiliki garis kesalahan dan, di bagian bawah gambar, Anda dapat melihat kesalahan Delphi menunjukkan kepada kita.

Compile error
Kesalahan ada di garis latar belakang merah dan terakhir {$ ENDIF} direktif compiler:
Here the bug
Anda dapat menghapus direktif compiler dipilih dan simpan. Ini akan meninggalkan seperti ini:
Code solved
Sekarang, bug tersebut dibersihkan dan kita dapat melanjutkan. Tapi sebelum kelompok kompilasi proyek, kita akan menambahkan folder wajib ZeosLib ke Jalur Library Delphi.
Untuk mendapatkannya untuk menjalankan kita harus pergi ke Delphi Tools -> Options menu, dan pada pilihan Library Path , pilih tombol dengan titik-titik di sebelah kanan, seperti yang Anda lihat pada gambar di bawah.
Options library path
Tambahkan semua folder ZeosLib wajib seperti yang Anda lihat dalam gambar berikutnya. Dalam folder menunjukkan di layar ada satu mungkin tidak ada pada saat ini. Itulah .. \ paket \ delphi16 \ build (merah ditandai satu), jika tidak ada Anda bisa menambahkannya di sini nanti atau tangan membuat folder itu dan menambahkan sekarang. Jika Anda memutuskan untuk menambahkan nanti, ingat artikel ini tidak akan mengingat Anda ini lagi, sehingga memberikan keterangan sendiri.
Singkatnya, untuk menambahkan folder ini adalah:

  • .. \ Src \ inti
  • .. \ Src \ DBC
  • .. \ Src \ parsesql
  • .. \ Src \ polos
  • .. \ Paket \ delphi16 \ build
ZeosLib library path
Setelah menambahkan semua folder ke Jalur Library Delphi, Anda harus Kompilasi Semua (mengkompilasi kelompok keseluruhan proyek) seperti pada langkah sebelumnya ketika kami mendapat bug dan oleh karena itu kesalahan pada kode sumber.

Compile all

Jika kompilasi ok maka kita telah ZeosLib dikompilasi. Sekarang kita perlu menempatkan semua file BPL di Jalur OS.Untuk memutuskan mana untuk menempatkan saya membuka jendela command prompt dan mencari Delphi 9.0 (apa sama dengan mengatakan Delphi XE2) dan folder BPL.

bpl folder
Anda dapat melihat di mana itu adalah pada workstation saya:
C: \ Users \ Public \ Documents \ RAD Studio \ 9.0 \ BPL
Jadi kita akan menyalin semua file dari folder BPL  (.. \ paket \ delphi16 \ build) ke folder workstation BPL Anda.

Source folder >>> Dari folder ini ...


Untuk >>> folder dicari
Destination folder











Setelah Anda telah menyalin semua file BPL dari sumber ke tujuan, Anda dapat menginstal komponen ZeosLib Anda desain untuk Delphi XE2 untuk digunakan pada proyek-proyek Anda. Untuk menginstal Anda harus memilih 'ZComponentDesign160.bpl' pada jendela Manager Project. 

Kemudian klik kanan dan INSTALL.
Install components
Jika semua ok pada titik ini Anda akan melihat Jendela Informasi memberitahu Anda semua komponen telah tepat diinstal.
Components Installed
Sekarang Anda dapat menutup grup proyek Anda tanpa menyimpan apapun. Anda dapat klik Tidak untuk Semua ketika Anda akan diminta untuk konfirmasi.
Closing

Closing

Sekarang Anda memiliki komponen ZeosLib Anda siap untuk untuk digunakan.
ZeosLib Installed

Tapi ingat, ini adalah versi Alpha dan Anda tidak harus menggunakannya pada sistem produksi. Saya melakukannya, tetapi Anda harus menyadari hal ini.

Author: Fajar

Hello, I am Author, decode to know more: In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 comments:

Best Post This Year

Install Fortesreport community Delphi 7 dan RX Berlin

Download  Pertama2 kita harus punya file installernya terlebih dahulu, download  https://github.com/fortesinformatica/fortesrepo...

Total Pageviews

© 2014 Fajar Priyadi. WP themonic converted by Bloggertheme9. Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger
TOP